Selamat Datang in "MARIOPUNALA" my blog

Selasa, 13 Juli 2010

Contoh Laporan PPL

KATA PENGANTAR
   
Alhamdulillah puji syukur atas kehadirat Allah SWT yang senantiasa memberikan berbagai karunia dan nikmat yang tiada tara, kepada seluruh makhluknya terutama manusia. Demikian pula salam dan salawat kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW yang merupakan panutan dan contoh kita sampai akhir zaman. Yang dengan keyakinan itu penulis dapat menyelesaikan kewajiban akademik dalam Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) di SMA Muhammadiyah 1 Unismuh Makassar.
Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu persyaratan akademik dalam lingkungan Universitas Muhammadiyah Makassar terkhusus pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) yang berorientasi pada penerapan dan sekaligus latihan untuk ilmu yang diperoleh. Hasil yang diperoleh selama melaksanakan PPL baik itu laporan pelaksanaan proses belajar mengajar maupun hasil observasi.
Dalam penyusunan laporan ini, ada beberapa kesulitan yang penulis hadapi namun, semuanya dapat teratasi berkat limpahan rahmat dan petunjuk dari Allah SWT. Dan tak terlepas dari bantuan dari semua pihak, untuk itu penulis selaku mahasiswa yang melakukan praktek menghaturkan banyak terima kasih yang sebanyak-banyaknya serta penghargaan yang setinggi-tingginya kepada:
1. Bapak Dr. Irwan Akib, M.Pd. Rektor Universitas Muhammadiyah Makassar.
2. Bapak Dr. A. Syukri Syamsuri, M.Hum, Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
3. Ibu Dra. Munirah, M.Pd. Ketua Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia sekaligus sebagai Dosen Pembimbing.
4. Bapak Dr. Nasrullah, M.Sc. Kepala Sekolah SMA Muhammadiyah 1 Unismuh Makassar.
5. Bapak A. Syamsul Alam, S.Pd selaku guru pamong yang telah meluangkan waktunya untuk membimbing kami selama praktek.
6. Bapak dan Ibu guru baik guru tetap maupun guru tidak tetap yang telah berbaik hati dan menerima kami selaku mahasiswa yang mengadakan praktek serta memberikan kami informasi-informasi yang sangat penting bagi kami.
7. Seluruh siswa dan siswi SMA Muhammadiyah 1 Unismuh Makassar yang telah berpartisipasi dan membantu kami dalam proses belajar mengajar
Pada akhirnya kami menyadari bahwa apapun yang kami telah laksanakan ini tidak luput dari kekhilafan dan kesalahan. Untuk itu kami dengan senang menerima saran dan kritik yang membangun untuk perbaikan laporan kami selanjutnya.
Akhirnya, penulis mengucapkan Alhamdulillah Rabbil Alamin atas terselesainya laporan observasi ini semoga menjadi sesuatu yang bernilai ibadah.
Amin Ya Rabbal Alamin!


Makassar, Desember 2009
Penulis


F A R I D A
NIM : 10533 3425 06









PENGESAHAN

Berdasarkan pengamatan tentang kegiatan observasi dan orientasi dilanjutkan dengan PRAKTEK PENGENALAN LAPANGAN pada SMA Muhammadiyah 1 Unismuh Makassar sejak Oktober sampai Desember 2009 maka dengan ini :

Nama : FARIDA
No Stambuk : 10533 3425 06
Jurusan : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas : Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Benar-benar telah melaksanakan kegiatan observasi dan orientasi sesuai dengan petunjuk diri sebagai latihan dan telah melaksanakan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) yang ditugaskan dari PPL Universitas Muhammadiyah Makassar.


Makassar, Desember 2009
Dosen Pembimbing




Dra. Munirah, M.Pd
NIP : 132 101 566 Guru Pamong




A. Syamsul Alam, S.Pd
NBM: 1039 989


Mengetahui,
Wakil Kepala Sekolah SMA Muhammadiyah Makassar


A. Syamsul Alam, S.Pd
NBM: 1039 989

PENILAIAN

Berdasarkan pengamatan terhadap observasi orientasi kegiatan non mengajar dan praktek mengajar yang dilakukan oleh mahasiswa PPL di sekolah

a. Nama : FARIDA
b. Stambuk : 10533 3425 06
c. Jurusan : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Maka nilai akhirnya :

N1+N2+2N3 = =
4 4

Nilai huruf :

Makassar, Desember 2009
Dosen Pembimbing




Dra. Munirah, M.Pd
NIP : 132 101 566 Guru Pamong




A. Syamsul Alam,S.Pd
NBM : 132 432 581

Mengetahui,
Wakil Kepala Sekolah SMA Muhammadiyah Makassar



A. Syamsul Alam, S.Pd
NBM: 1039 989
PETUNJUK PENILAIAN

A. Komponen Yang Dinilai
1. Observasi orientasi (N1)
2. Non mengajar (N2)
3. Praktek mengajar (N3)
B. Skor Penilaian
1 = Gagal 3 = Baik
2 = Cukup 4 = Baik Sekali
C. Nilai Akhir


D. Kegiatan
 Observasi
1. Kegiatan I : Berkenalan dengan kepala sekolah, guru, dan staf tata usaha.
2. Kegiatan II : Mengenal Lokasi Sekolah dan fasilitasnya.
3. Kegiatan III : Mempelajari tugas-tugas guru dan tata tertib sekolah.
4. Kegiatan IV : Berkenalan dengan siswa
5. Kegiatan V : Mencatat model rancangan pembelajaran guru pamong.
6. Kegiatan VI : Mengobservasi kegiatan belajar mengajar di kelas.
 Kegiatan Non Mengajar
 Kegiatan mengajar



KEGIATAN OBSERVASI ORIENTASI
DISEKOLAH LATIHAN

A. Jenis Kegiatan
Kegiatan observasi (N1) di sekolah dalam rangka praktek ini adalah sebagai berikut:
1. Berkenaan dengan kepala sekolah, guru pamong, guru-guru dan staf sekolah lainnya.
2. Mengenali lokasi sekolah, gedung sekolah, fasilitas-fasilitas dan ruangan-ruangan lainnya.
3. Menanyakan kepada guru pamong tentang tugas-tugas seorang guru di sekolah, tata tertib sekolah baik tata tertib untuk guru/ staf sekolah lainnya, tata tertib untuk siswa maupun untuk mahasiswa PPL yang sedang praktek.
4. Berkenalan dengan siswa-siswa di tempat yang mahasiswa akan praktek.
5. Mempelajari dan mencatat model Silabus dan rancangan pembelajaran guru pamong di sekolah.
6. Mengobservasi pelaksanaan mengajar guru pamong dan mencatat :
a. Cara mengajar/metode mengajar.
b. Cara guru mengelola kelas.
c. Dan lain-lain.
7. Merencanakan kegiatan praktek lapangan selanjutnya.
8. Menyampaikan hasil observasi dan orientasi ini kepada guru pamong dan tutor untuk ditandatangani dan diberikan nilai.
B. Waktu Kegiatan
Kegiatan ini dilaksanakan selama satu minggu (6 hari kerja)



C. Pembimbing
1. Dosen pembimbing mengantar mahasiswa bimbingannya ke sekolah dan memperkenalkan mereka kepada kepala sekolah dan guru pamong serta menjelaskan tugas-tugas yang akan di kerjakan.
2. Pelaksanaan kegiatan selanjutnya dikoordinasikan oleh guru pamong dan Dosen pembimbing.











Berkenalan dengan pimpinan sekolah, guru pamong, guru-guru lain dan staf tata usaha.
1. Nama-nama pimpinan sekolah
No Nama Jabatan Alamat
1. Dr. Nasrullah, M.Sc. Kepala Sekolah BLPT Sudiang
2. Dra. Andi Marliah Bakri, M.Si. Wakasek Kurikulum JL. Skarda Komp. Mangasa Blok A/9
3. A. Syamsul Alam, S.Pd. Wakasek Kesiswaan Komp. Pemuda Blok G1/17


2. Nama guru pamong dan guru-guru lain
No. Nama Jabatan Alamat
1. Drs. M. Yunus Guru
2. Muhammad Asri, S.Pd.,M.Pd. Guru BTN Minasa Upa Blok M 5/12
3. Drs. Muh. Hamzah Saidin, M.Si. Guru Jln. Malengkeri Luar
4. Dra. Mustahidang, M.Si. Guru Jln. Talegrap IV C3/91 Telkomnas
5. Drs. Yose Rizal Faisal Guru Jln. Slt. Alauddin II Lr. No. 23 F
6. Dra. Samsuez Salihima, Ma Guru Jln. Sultan Alauddin Ii/27
7. Drs. H. Abd. Malik Wello, M.Ag. Guru Jln. Ade Irma Nasution
8. Dra. Rajiah Rusydi Guru BTN Minasa Upa Blok J9/20
9. Drs. H. M. Dahlan, M.Ag Guru BTN Minasa Upa Blok A6
10. Dr.Abd. Rahman Rahim, M.Hum. Guru BTN A. Tonro A20/16
11. Muh. Zia’ul Haq, S.Pd. Guru Kompleks Unismuh Makassar
12. Drs. Kusnadi Idris Guru BTN A. Tonro P. A3/4
13. Drs. H. M. Ali Hakka Guru BTN Minasa Upa Blok J9
14. Dra. Hj. Andi Nurbaya Guru Jln. H. Syekh Yusuf V/II
15. Sudirman, S.Pd. Guru BTN Mutiara Permai
16. Drs. Mashuri Guru Bps. Blok Ea/08
17. Alimuddin, S.Sg.,M.Ag. Guru Perum Bps Blok E4/08
18. Drs. Kaharuddin Abdi Guru Banta-Bantaeng RW4, RT4 No. 19
19. Takdir, S.Pd. Guru Jln. Borong raya I Lr. E No. 16
20. Murlinah Abdullah, SH. Guru Jln. Ujung 151/8 Makassar
21. Drs. Safri, MM. Guru Putri Taman Sari Blok A16/10
22. A. Baital Muqaddas, S.Sn.,M.Sn. Guru Jln. Wijaya Kusuma K2/40
23. Dra. Nuraeni Nawir Guru
24. Drs. Lahalisi, M.Pd. Guru
25. Drs. Sudarman, M.Pd. Guru
26. Drs. Tahir Malok, M.Pd Guru
27. Abd. Fattah, S.TH.I Guru
28. Hamriah, S.Kom Guru
29. Ma’ruf, S.Pd Guru
30. Dra. Rosdiana Djamhuri Guru
31. A. Syamsu Alam, S.Pd. Guru Komp. Pemuda Blok G1/17

3. Nama-nama staf tata usaha
No. Nama Jabatan Alamat
1. Murlina Abdullah, SH Ka. Tata Usaha JL. Ujung Lr. 151 No.8
2. Dra. Rosdiana Bimbingan konseling

4. Kesan yang diperoleh dalam perkenalan ini adalah:

Akrab sekali dan menyenangkan

Biasa-biasa saja

Kurang akrab dan menyenangkan
5. Manfaat yang di peroleh dalam perkenalan ini adalah:
a. Dapat mengetahui nama-nama guru disekolah ini dan juga mengetahui alamat serta tempat tinggal guru-guru di sekolah tersebut.
b. Memahami dan mengetahui situasi sekolah
c. Mempercepat hubungan kekeluargaan antara mahasiswa PPL dengan pihak sekolah
d. Dapat mempermudah dalam proses praktek mengajar maupun non mengajar.













Mengenal lokasi sekolah, gedung sekolah, ruang kelas, kantor, dan fasilitas lainnya :
1. Nama dan lokasi sekolah
Nama sekolah : SMA Muhammadiyah 1 Unismuh Makassar
Letak sekolah : Kampus Unismuh Makassar
Alamat sekolah : Jl. Sultan Alauddin No. 259 Makassar.
2. Kondisi Gedung/Bangunan sekolah
No. Jenis, Ruangan, Gedung sekolah Luas Keterangan
1. Ruangan Kepala Sekolah 6
1 buah
2. Ruangan untuk guru-guru 9
1 buah
3. Ruangan kelas untuk belajar 105
5 buah
4. Ruangan tata usaha 4
1 buah
5. WC/kamar kecil 20
1 buah
6. Gudang 12
1 buah
7. Aula atau ruangan pertemuan - -
8. Ruangan Praktek 30
1 buah
9. Laboratorium 20
1 buah
10. Halaman sekolah 42
1 buah
11. Lain-lain :
 Masjid 140
1 buah



3. Kesan yang diperoleh terhadap kondisi gedung, kelas dan ruangan lainnya :

Sangat memadai untuk berlangsungnya proses belajar mengajar
Cukup memadai untuk berlangsungnya proses belajar mengajar

Kurang memadai sebagai tempat mengajar

4. Manfaat yang dapat diperoleh dengan kegiatan pengenalan gedung dan fasilitas sekolah di tersebut :
a. Dapat mengetahui sarana dan prasarana sekolah guna kelancaran praktek mengajar.
b. Dapat menggunakan fasilitas sekolah sesuai dengan fungsinya.




















Mempelajari tugas-tugas guru di sekolah, tata tertib sekolah baik untuk guru maupun untuk siswa.
A. Tugas-Tugas Guru di Sekolah
1. Tugas Kepala Sekolah
a. Kepala Sekolah selaku educator melaksanakan proses belajar mengajar secara efektif dan efisien.
b. Kepala Sekolah selaku manager menyusun perencanaan dan mengorganisasikan kegiatan.
c. Kepala Sekolah selaku administrator bertugas menyelenggarakan administrasi sekolah.
d. Kepala sekolah selaku supervisor bertugas menyelenggarakan supervisi di sekolah.
e. Kepala sekolah selaku pimpinan/leader
f. Kepala sekolah selaku innovator
2. Tugas Guru/Wali kelas
a. Wali kelas membantu kepala sekolah dalam kegiatan-kegiatan pengelolaan kelas, penyelenggaraan admistrasi, penyusunan statistic
b. Pembuatan catatan khusus tentang siswa
3. Tugas tata usaha
a. Penyusunan program kerja tata usaha sekolah
b. Pengelolaan keuangan sekolah
c. Pengurusan administrasi perlengkapan sekolah
d. Mengkoordinasikan dan melaksanakan 7K


B. Tata Tertib Sekolah
1. Tata Tertib Guru
Semua guru atau warga masyarakat perorangan atau perkelompok harus mentaati aturan-aturan sebagai berikut:
• Guru hadir 15 menit sebelum pelajaran dimulai.
• Guru dan staf tata usaha harus berpakaian seragam yang telah ditentukan.
• Guru dan staf yang berhalangan masuk kantor harus ada pemberitahuan izin dari kepala sekolah.
• Selama jam sekolah guru dan staf dilarang meninggalkan sekolah tanpa izin dari kepala sekolah.
• Tidak diperkenankan mengadakan kegiatan tanpa seizing kepala sekolah.
2. Tata Tertib Siswa
a. Hak dan Kewajiban
• Siswa wajib hormat kepada guru, pimpinan, dan karyawan.
• Kegiatan sekolah dimulai pada pukul 06-50 – 15.30.
• Siswa diwajibkan Shalat Dhuhur Ashar berjama’ah.
• Siswa wajib berpakaian seragam sekolah sesuai dengan ketentuan sekolah.
• Siswa wajib memakai sepatu hitam.
• Siswa diwajibkan berada dikelas sebelum guru masuk kelas.
• Siswa wajib membayar semua biaya pembayaran semua biaya pendidikan selambat-lambatnya tanggal 10 setiap bulan berjalan.
• Siswa wajib mengikuti upacara bendera setiap hari senin dan hari-hari yang ditentukan di sekolah.
• Siswa wajib mengikuti seluruh kegiatan dan proses pembelajaran di kelas.
• Siswa wajib memelihara hubungan yang baik (ukhuwah Islamiyah) dengan sesama siswa.
• Siswa wajib menjaga dan memelihara nama baik sekolah.
• Siswa yang hendak meninggalkan kelas karena sesuatu keperluan, harus seizin dengan guru di kelas.
• Siswa yang hendak keluar dari pagar sekolah karena sesuatu keperluan, harus seizing dengan kepala sekolah.
• Siswa berhak memperoleh pelayanan yang baik.
• Siswa berhak memperoleh pendidikan dan pengajaran sesuai dengan ketentuan Undang-Undang dan peraturan pemerintah.
• Siswa berhak atas penggunaan fasilitas sekolah sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.
b. Larangan
• Siswa dilarang membawa dan menggunakan senjata tajam dalam kampus.
• Siswa dilarang keluar masuk kantor kecuali seizing dengan karyawan sekolah.
• Siswa dilarang berambut gondrong.
• Siswa dilarang merokok.
• Siswa dilarang makan-minum selama proses pembelajaran berlangsung.
• Siswa dilarang melakukan perbuatan yang termasuk dalam kategori asusila.
• Siswa dilarang bekerja sama dengan siapapun untuk melakukan tindakan yang anarkis dalam masyarakat.
c. Sanksi
• Peringatan lisan,
• Peringatan tertulis,
• Skorsing,
• Pencabutan segala hak sebagai siswa SMA Muhammadiyah 1 Unismuh Makassar.

d. Pakaian Seragam SMA Muhammadiyah 1 Unismuh Makassar
PRIA
Senin-Selasa : Baju Putih lengan Pendek
Celana panjang abu-abu
Dasi berlogo Muhammadiyah
Rabu-kamis : Baju batik SMA Muhammadiyah 1 Unismuh Makassar
Celana panjang abu-abu
Sabtu-Ahad : Pakaian Hizbul Wathan (HW).

PEREMPUAN
Senin-Selasa : Baju Putih lengan Panjang
Rok panjang abu-abu
Kerudung warna abu-abu.
Rabu-Kamis : Baju batik SMA Muhammadiyah 1 Unismuh Makassar
Rok panjang warna abu-abu
Kerudung warna abu-abu
Sabtu-Ahad : Pakaian Hizbul Wathan (HW).
e. Aturan Umum
• Warna sepatu bagi siswa/siswi adalah hitam dan kaos warna putih.
• Pakaian olahraga hanya digunakan pada saat olahraga.
• Setiap siswa wajib memakai papan nama selama berada di lingkungan sekolah

f. Skorsing Pelanggaran Siswa
No. Jenis Pelanggaran Nilai Kredit Keterangan
A.
1.
2.

3. Waktu
Terlambat apel pagi
Terlambat masuk kelas (guru sudah ada dalam kelas)
Pulang sebelum waktunya (bolos)
0,5
0,5

1
B.
1.
2.
3.

4.
5.
6.
7.
8.
9.

10.
11. Pakaian
Memakai pakaian selain seragam sekolah
Memakai sandal
Memakai seragam yang tidak sesuai dengan hari yang ditetapkan
Tidak memakai dasi
Tidak memakai topi pada hari senin
Tidak menyelipkan baju pada celana
Tidak memakai kaos kaki warna putih
Tidak memakai papan nama
Tidak memakai ikat pinggang warna hitam
Tidak memakai lambing sekolah
Memakai sepatu selain warna hitam
2
2
1

0,5
0,5
0,5
0,5
0,5
0,5

0,5
0,5
Tidak diizinkan
Masuk kelas
Sda

Laki-laki
Laki-laki
Laki-laki


Laki-laki
C.
1.

2. Rambut
Rambut gondrong (rambut maksimal : 3 cm, tengah 2 cm, belakang bawah 1 cm)
Memakai cat rambut.
Laki-laki

Laki-laki
D.
1.
2. Istirahat
Bermain bola saat istirahat
Jalan/keluar pagar tanpa seizing guru.
E.
1.

2.
3.
4.
5.

6.
7.
8. Dalam Kelas
Ribut dalam kelas

Nyontek
Makan dalam kelas
Tidak kerja PR
Rebut dalam kelas saat guru tidak ada guru
Keluar masuk tanpa seizing guru
Tidur dalam kelas
Buang sampah di sembarang tempat
Tidak melaksanakan tugas kebersihan.
0,5

0,5
0,5
1
0,5

0,5
0,5
0,5
1
Catatan dari Guru bidang study
Sda
Sda
Sda
Laporan guru dari
Ruangan lain
Ruangan lain

F.
1.

2.


3. Perkelahian
Berkelahi antar siswa SMA
Muhammadiyah 1 Unismuh Makassar
Berkelahi dengan siswa selain siswa SMA Muhammadiyah 1 Unismuh Makassar
Tawuran dengan siswa sekolah lain
Memukul siswa sekolah lain
1

2


10
Skorsing
G.
1.
2.
3.
4. Shalat
Shalat Dhuhur tidak berjamaah
Tidak shalat Dhuhur
Shalat Ashar tidak berjamaah
Tidak shalat Ashar
0,5
1
0,5
1
Kecuali Berhalangan
H.


1.

2.

3. Senjata Tajam/Api, Miras, Narkoba, Obat Psikotropika serta barang terlarang lainnya
Membawa senjata tajam/api
Membawa/minum-minum keras
Mengkonsumsi obat terlarang serta obat psikotoprika yang lain
Merokok


150
150


10
J.
1.
2. Pencurian dan Tindakan Asusila
Melakukan pencurian
Melakukan tindakan asusila
50
150

C. Tata Tertib Mahasiswa PPL
Dalam melaksanakan kegiatan Program Pengalaman Lapangan (PPL) mahasiswa harus mempedomani tata tertib berikut:
1. Mengenakan pakaian yang rapid an telah ditetapkan sebelumnya (putih hitam) dan sepatu, bagi wanita berpakaian muslimah.
2. Mengisi daftar hadir yang telah disediakan.
3. Tidak diperkenankan berambut panjang bagi pria.
4. Apabila meninggalkan lokasi sekolah terlebih dahulu melapor kepada kepala sekolah/guru pamong.
5. Jadwal perkuliahan PPL hadir di sekolah paling lambat 15 menit dan meninggalkan sekolah pada jam dinas.
6. Sopan santun terhadap pihak sekolah.
7. Menyapa kepada siswa dengan sopan.
8. Memulai dan mengakhiri pelajaran dengan mengakhiri pelajaran dengan ucapan salam.
9. Mengikuti petunjuk huru pamong dan dosen pembimbing.
10. Tidak meninggalkan sekolah tanpa izin.
11. Tidak mencari kesibukan sendiri di luar jadwal sekolah.
12. Mengawasi siswa pada saat jam pelajaran dan istirahat.
13. Berlaku sopan dan bergaul dengan siswa.
14. Tidak merasa hebat atau pintar terhadap guru pamong.
15. Bertanya kepada guru pamong mengenai satuan pelajaran.
16. Berbahasa yang baik dan benar terhadap siswa pada saat memberikan pelajaran.
17. Tidak menyinggung pada pihak sekolah.
18. Ramah dan simpatik terhadap siswa sehingga terjalin komunikasi.
19. Bergaul dengan pihak sekolah secara kekeluargaan.
20. Tidak memperlihatkan emosi dalam menindaklanjuti kesalahan siswa.
21. Memperlihatkan semangat yang tinggi kepada pihak sekolah.
22. Memanfaatkan waktu dan keterampilan dalam rangka melaksanakan PPL.
23. Mengutamakan kesabaran dalam melaksanakan tugas di sekolah.
24. Tidak melakukan kegiatan yang merusak almamater dan pihak sekolah serta keluarga.
25. Sikap rendah hati, sopan, jujur, dan dapat dipercaya dan menepati janji.
26. Bertanggung jawab terhadap profesi, pihak guru, almamater, dan keluarga.
27. Memperhatikan tata tertib sekolah yang telah ditentukan.















A. Berkenalan dengan siswa dan menulis nama-nama siswa di kelas Tempat Praktek
Nama-nama siswa kelas XI/IPA
No NISN Nama Siswa Jenis Kelamin
1. 0109079 Andi Sulpiana P
2. 0109080 Apriani Rukiah P
3. 0109081 Andi Suci Pratiwi P
4. 0109082 Ikang Susmita P
5. 0109083 Nurfadhila Amin P
6. 0109084 Nurmuslich Syafar A P
7 0109085 Nur Rahma P
8 0109086 Amirah Muthi’ah P
.9 0109087 Firmadani Tirmadani P
10 0109088 Nur Syamsi P
11 0109089 Afif Asykar Amir L
12 0109090 Muliana N P
13 0109091 A.Asmaul Husnah P
14 0109092 Nur Faizah A P
15 0109093 Muh.Erwin Syah L
16 0109094 Muh.Furzanur Haq L
17 0109095 Rafiud Darajat L
18 0109096 Fausan Firdaus L
19 0109097 Fajrin Muh Sholihin L
20 0109098 Endiman Madi L
21 0109099 Rahmadini Indah Abadi P
22 01090100 Muh.jidjal Ilyas L
23 01090101 Muh.Abdillah L
24 01090102 A.Besse Yanti Apeda Malis P
25 01090103 Muh.Arfan L
26 01090104 Triono Usman L
27 01090105 Muh.Nur Ikhsan L
28 01090106 Alif Munandar L
29 01090107 Fajar Santoso L
30 01090108 Anugrah L

B. Kesan
Siswa-siswi SMA Muhammadiyah 1 Unismuh Makassar sangat antusias dan menyambut kami dengan baik dan penuh persahabatan.


















A. Observasi Kegiatan belajar mengajar :
Nama Guru : A. Syamsul Alam,S.Pd
Kelas : X
No Cara mengajar/kegiatan-kegiatan mengajar Ya Tidak Ket.
1. Memulai pelajaran (salam, do’a, apersepsi)
2. Membuka Pelajaran
3. Memberikan/melakukan pertanyaan
4. Memberikan penguatan/keterangan mengajar
5. Menjelaskan materi dengan sistematis
6. Menggunakan media/alat peraga
7. Antusias dalam kegiatan mengajar
8. Mengelolah pembelajaran dengan diskusi
9. Adanya variasi/gaya guru
10. Bahasa yang mudah dan jelas
11. Menulis di papan tulis bagian yang dijelaskan
12. Memberikan kesempatan siswa untuk bertanya
13. Mengadakan kesimpulan
14. Melaksanakan penilaian

1. Kesan yang diperoleh terhadap cara mengajar guru pamong adalah :
• Sangat menarik karena memberikan motivasi belajar pada siswa dan konsep yang berkaitan dalam kehidupan sehari-hari dalam melaksanakan proses belajar mengajar.
• Metode yang diterapkan sangat baik dimana siswa dapat menemukan sendiri persamaan pada materi yang diberikan.
• Memberi contoh kepada kami tentang cara-cara mengajar seperti yang telah dilakukan oleh guru pamong.

PENILAIAN
OBSERVASI DAN ORIENGTASI (N1)
Berdasarkan pengamatan terhadap observasi yang dilakukan di sekolah adalah:

Nama : Farida
NIM : 10533 3425 06
Jurusan : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Maka sepakat Guru Pamong dan Dosen Pembimbing member nilai (N1) :
1, 2, 3, 4 = (Lingkari nilai yang dimaksud)

Makassar, Oktober 2009

Guru Mata Pelajaran (Pamong)




A. Syamsul Alam, S.Pd
NMB : 1039989 Mahasiswa PPL




F A R I D A
NIM : 10533 3425 06


Mengetahui,
Dosen Pembimbing



Dra. Munirah, M.Pd
NIP : 132 101 566






KEGIATAN NON MENGAJAR
Adapun kegiatan non mengajar adalah :
No. Hari/Tanggal Nama Kegiatan Tempat Paraf Guru Pamong
1. Sabtu, 10 Okt 2009 Observasi sekolah SMA Muhammadiyah 1 Unismuh Makassar
2. Sabtu, 31 Okt 2009 Rapat pembentukan panitia Multimedia
3. Sabtu, 5 Nov 2009 Rapat Multimedia
4. Jumat, 6 Nov 2009 Lomba Multimedia
5 Selasa, 10 Nov 2009 MID
6 Setiap hari Sabtu Meeting Multimedia
7 Rabu, 9 des 2009 Penarikan SMA Muhammadiyah 1 Unismuh Makassar

Makassar, Oktober 2009

Guru Mata Pelajaran (Pamong)




A. Syamsul Alam, S.Pd
NMB : 1039989 Mahasiswa PPL




F A R I D A
NIM : 10533 3425 06









KEGIATAN PRAKTEK
A. Jadwal Kegiatan Praktek Mengajar
No Hari/ Tanggal Pokok Bahasan Jam Pelajaran Kelas Buku Pelajaran Ket
1 Rabu/ 14 Okt 2009 Membaca Berita III -¬ IV X Buku Paket SMA X Penerbit Erlangga/koran Terlaksana
2 Rabu/ 21 Okt 2009 Cerita pendek III –IV X
Buku Paket SMA X Penerbit Erlangga/koran Terlaksana
3 Rabu/28 Okt 2009 Artikel III –IV X
Buku Paket SMA X Penerbit Erlangga/ koran Terlaksana
4



Rabu/4 Nov 2009 Teks Non Sastra VII –VIII

X
Buku Paket SMA X Penerbit Erlangga/koran Terlaksana
5 Rabu/11 Nov 2009 Paragraf Eksposisi VII –VIII

X
Buku Paket SMA X Penerbit Erlangga/koran Terlaksana
6 Rabu/18nov 2009 Paragraf Narasi
VII –VIII
X Buku Paket SMA X Penerbit Erlangga/koran Terlaksana
7 Rabu/2 nov 2009 Cerpen VII –VIII X Buku Paket SMA X Penerbit Erlangga/koran Terlaksana
8 Rabu/9 des 2009 Memperkenalkan diri VII –VIII X Tuturan Langsung Terlaksana

SILABUS

Sekolah : SMA Muhammadiyah 1 Unismuh Makassar
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : X
Tahun /Pelajaran : 2009 – 2010
Standar Kompetensi : Mendengarkan
- Menentukan unsur intrinsik cerpen

Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi waktu Sumber / Bahan Alat
1.1 menentukan unsur intrinsik cerpen Naskah cerita pendek - Membaca cerpen






- Menceritakan isi cerita pendek
- Menceritakan kembali cerita pendek yang telah dibacakan dengan kata- kata sendiri

- Mendiskusikan unsur intrinsik cerita pendek
Tes uraian 2 x 45 menit Buku paket bahasa Indonesia
Kelas x penerbit Erlangga





Sekolah : SMA Muhammadiyah 1 Unismuh Makassar
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : X
Tahun /Pelajaran : 2009 – 2010
Standar Kompetensi : Berbicara
- Memahami siaran atau cerita yang disampaikan yang disampaikan secara langsung

Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi waktu Sumber/Bahan
Alat
1.2 Menanggapi siaran atau informasi dari media elektronik (berita) Membaca berita - Mendengarkan berita yang dibacakan
- Menulis isi berita dalam beberapa kalimat sendiri
- Menyampaikan secara lisan isi berita Menuliskan
- berita yang dibacakan
- Menyampaikan secara lisan isi berita Uraian bebas 2X45 menit Buku paket bahasa Indonesia
Kelas x penerbit Erlangga


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah : SMA Muhammadiyah 1 Unismuh Makassar
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester : X/Ganjil
Tahun Pelajaran : 2009 -2010

Standar Kompetensi
 Berbicara : Membahas dan Mendiskusikan isi cerita Pendek
Kompetensi Dasar
 Mengemukakan hal-hal yang menarik atau mengesankan dari cerita pendek melalui kegiatan diskusi
Indikator
a. Menceritakan kembali isi cerita pendek yang dibacakan dengan kata- kata sendiri
b. Mengungkapkan hal-hal yang menarik atau mengesankan
c. Mendiskusikan unsur-unsur instrinsik (tema, alur, sudut pandang, latar, amanat) cerita pendek yang dibacakan
d. Mendiskusikan nilai-nilai yang terdapat dalam cerita pendek
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Tujuan pembelajaran
a. Siswa dapat menceritakan kembali isi cerita pendek yang dibacakan dengan kalimat sendiri
b. Siswa dapat mengungkapkan hal-hal yang menarik atau mengesankan dari cerita yang dibacakan.
c. Siswa dapat mendiskusikan unsur-unsur instrinsik (tema, alur, sudut pandang latar, amanat) cerita pendek yang dibacakan
d. Siswa dapat mendiskusikan nilai-nilai yang terdapat dalam cerita pendek
Materi Pembelajaran
a. Naskah cerita pendek
b. Isi cerita pendek
Metode Pembelajaran
a. Ceramah
b. Tanya Jawab
c. Penugasan
Langkah – langkah kegiatan pembelajaran
A. Kegiatan awal
1. Berdoa
2. Absensi
3. Mengecek kesiapan siswa
4. Membagi kelompok 3-4 orang
B. Kegiatan inti
a. Siswa membacakan cerita pendek
b. Siswa menceritakan kembali isi cerita pendek yang telah dibacakan
c. Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini
C. Kegiatan akhir
a. Refleksi.
b. Guru dan siswa menyimpulkan isi berita secara lisan
Sumber Alat dan Bahan
Alat :
a. Papan tulis
b. Spidol
c. Penghapus
Penilaian
a. Lisan
b. Tulisan

Contoh instrumen :
1. Sebutkan hal- hal yang termasuk dalam unsur instrinsik cerpen !
2. Tuliskan ide pokok cerpen yang berjudul Memasang bendera warga didenda !

No Kunci jawaban Skor
1








2 Unsur –unsur intrinsik cerpen
a. Tema
b. Amanat
c. Alur
d. Tokoh
e. Perwatakan
f. Latar
g. Sudut pandang

Warga yang terkena rasia langsung dimintai KTP-nya, selanjutnya didata untuk didaftarkan di persidangan yustisi 50








50

Jumlah 100

Makassar, 14 Oktober 2009
Mahasiswa PPL


F A R I D A
NIM : 10533 3425 06

Disetujui :
Dosen Pembimbing




Dra. Munirah, M.Pd
Nip: 132101566 Guru Pamong




Andi Syamsul Alam, S.Pd
NBM :1039 989
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah : SMA Muhammadiyah 1 Unismuh Makassar
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : X / Satu
Tahun Pelajaran : 2009-2010

Standar kompetensi
 Mendengarkan : Memahami siaran atau berita yang disampaikan secara langsung.
Kompetensi dasar
 Menanggapi siaran berita atau informasi dari media elektronik.
Indikator
a. Menuliskan isi berita dalam beberapa kalimat dengan urutan yang runtut dan mudah dipahami.
b. Menyampaikan secara lisan isi berita yang telah ditulis secara runtut dan jelas
c. Mengajukan pertanyaan/tanggapan berdasarkan informasi yang didengar (menyetujui, menolak, menambahkan pendapat)
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Tujuan Pembelajaran
a. Siswa dapat menuliskan berita dalam beberapa kalimat dengan runtut dan mudah dipahami.
b. Siswa dapat menyampaikan secara lisan isi berita yang telah ditulis secara runtut dan jelas.
c. Siswa dapat mengajukan pertanyaan/tanggapan berdasarkan informasi yang didengar (menyetujui, menolak, menambahkan pendapat)


Materi Pelajaran
a. Membaca berita
b. Menulis pokok berita
Metode Pembelajaran
Pendekatan : Komutatif
Metode :
1. Demonstrasi
2. Tanya Jawab
Langkah – langkah Kegiatan Pembelajaran
A. Kegiatan awal
1. Berdoa
2. Refleksi
3. Mengecek kesiapan siswa
B. Kegiatan Inti
1. Siswa mendengarkan rekaan berita dari radio/ televisi
2. Siswa mendiskusikan pokok-pokok berita yang didengarkan dari rekaan
3. Siswa menentukan pokok-¬pokok berita
4. Siswa menuliskan pokok-pokok berita dengan ejaan yang benar
5. Guru menginformasikan materi pembelajaran berikutnya
C. Kegiatan Akhir
1. Siswa dan guru melakukan refleksi
2. Siswa menuliskan pokok-pokok berita yang didengar dengan ejaan yang benar
Sumber
Buku paket Bahasa Indonesia untuk SMA kelas X penerbit Erlangga
Penilaian
a. Teknik
1. Tugas individu
2. Tugas kelompok
b. Bentuk instrumen
Uraian bebas
c. Contoh Instrumen
1 Tuliskan dan tentukanlah yang termasuk dalam pokok-pokok berita yang bertema Simanjuntak sedih atas Nasionalisme Generasi muda !
2 Tuliskan pokok – pokok berita dengan singkat !
No Kunci Jawaban Skor
1







2 1. Siapa = Alfred Simanjuntak
2. Apa = Sedih melihat kondisi generasi Indonesia menjelang ulang tahun kemerdekaan
3. Mengapa = Terjadi kemendekan pada generasi sekarang.
4. Dimana = Erasmus Huis Jakart
5. Kapan = Selepas memimpin paduan suara anak- anak Indonesia
Bagaimana = Sangat menggebu untuk menunjukkan diri sebagai pemuda terbaik di dunia.
a. Ejaan benar
b. Pilihan kata
c. 5 W + 1H
1. Siapa
2. Di mana
3. Kapan
4. Mengapa
5. Bagaimana 50







50



Jumlah 100



Makassar, 14 Oktober 2009
Mahasiswa PPL



F A R I D A
NIM : 10533 3425 06


Disetujui :

Dosen Pembimbing




Dra. Munirah, M.Pd
NIP :132101566 Guru Pamong




Andi Syamsul Alam, S.Pd
NMB :1039 989



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah : SMA Muhammadiyah 1 Makassar
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : X/Ganjil
Tahun Pelajaran : 2009-2010

Standar Kompetensi
 Menulis : Mengungkapkan Informasi dalam paragraf narasi
Kompetensi Dasar
 Menyusun paragraf narasi
Indikator
a. Membaca paragraf narasi
b. Mengidentifikasi ciri –ciri paragraf narasi
c. Mendata topik-topik yang dapat dikembangkan menjadi paragraf narasi.
Alokasi Waktu :
 2 x 45 menit
Tujuan pembelajaran
a. Siswa dapat paragraf narasi
b. Siswa mengidentifikasi ciri – ciri paragraf narasi
c. Siswa mendata topik –topik yang dikembangkan menjadi paragraf narasi
Materi Pembelajaran
Contoh paragraf narasi
Metode Pembelajaran
Pendekatan : Komutatif
Media/Sumber : Buku paket bahasa Indonesia


Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Demonstrasi
3. Pemodelan
Langkah - langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal
1. Salam
2. Absensi
3. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
B. Kegiatan Inti
1. Siswa dapat menuliskan paragraf narasi
2. Siswa dapat menyebutkan ciri – ciri paragraf naratif
C. Kegiatan Akhir
1. Refleksi
2. Guru menyimpulkan materi
Sumber Alat/Bahan
Penilaian :
Jenis Tagihan
Tugas individu
Bentuk Instrumen
Uraian bebas
Contoh Instrumen :
1. Jelaskan pengertian paragraf narasi !
2. Tulisan ciri –ciri paragraf narasi !
3. Tulislah sebuah paragraf narasi bertema gempa minimal 300 kata !




Jawab :
1. Paragraf narasi adalah suatu karangan yang isinya mengisahkan suatu peristiwa atau kejadian sehingga pembaca seakan akan mengalami kejadian itu sendiri.
2. Ciri –ciri paragraf narasi
a) Pola pengembangan menggunakan pola urut waktu dan tempat
b) Unsur pelaku atau tokoh yang mengalami.
c) Tokoh atau pelaku digambarkan memiliki karakter yang jelas
d) Dalam paragraf narasi terletak pada cara membangun paragraf menjadi Kohesif
3. Pada pukul sebelas malam, lima hari setelah gempa menggoncang Kota Yogyakarta, semua memasuki tempat parkir tiga lantai sebuah rumah Sakit besar di kota itu bukan deretan mobil yang ada disana, tetapi ratusan Orang yang tergeletak dalam tempat tidur darurat sederhana. Tubuh mereka berbalut perban dengan botol infus yang menggelantung diatasnya.
No Kunci jawaban Skor
1


2





3 Paragraf narasi adalah suatu karangan yang isinya mengisahkan suatu peristiwa atau kejadian sehingga pembaca seakan akan mengalami kejadian itu sendiri.
Ciri-ciri paragraf narasi
1. Pola pengembangan menggunakan pola urut waktu dan tempat
2. Unsur pelaku atau tokoh yang mengalami.
3. Tokoh atau pelaku digambarkan memiliki karakter
4. Paragraf narasi bersifat kohesif
Contoh paragraf
Pada pukul sebelas malam, lima hari setelah gempa menggoncang Kota Yogyakarta, semua memasuki tempat parkir tiga lantai sebuah rumah Sakit besar di kota itu, bukan deretan mobil yang ada disana, tetapi ratusan Orang yang tergeletak dalam tempat tidur darurat sederhana. Tubuh mereka berbalut perban dengan botol infus yang menggelantung diatasnya 30


40





30
s Jumlah 100

Makassar, 14 Oktober 2009
Mahasiswa PPL



F A R I D A
NIM : 10533 3425 06


Disetujui :

Dosen Pembimbing




Dra. Munirah, M.Pd
NIP :132101566 Guru Pamong




Andi Syamsul Alam, S.Pd
NMB :1039 989

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP

Nama Sekolah : SMA Muhammadiyah Unismuh 1 Makassar
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : X/Ganjil
Tahun Pelajaran : 2009/2010

Standar Kompetensi
 Berbicara : Mengungkapkan secara lisan informasi hasil membaca artikel.
Kompetensi Dasar
 Menjelaskan secara lisan uraian topik tertentu dari membaca artikel.
Indikator
 Mendata pokok-pokok isi artikel yang diperoleh dari hasil membaca
 Menyampaikan secara lisan isi artikel dengan memperhatikan dengan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
 Mengemukakan hal-hal yang menarik dari artikel yang telah dibacakan dengan memberikan alasan
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat :
 Mendata pokok-pokok isi artikel yang diperoleh dari hasil membaca
 Menyampaikan secara lisan isi artikel dengan memperhatikan dengan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
 Mengemukakan hal-hal yang menarik dari artikel yang telah dibacakan dengan memberikan alasan
Materi Pembelajaran
• Artikel
• Pokok-pokok isi artikel/buku
• Hal-hal yang menarik dalam artikel/buku
Kegiatan Pembelajaran
Pendekatan : Komutatif
Metode :
a. Tanya jawab
b. Diskusi
Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
A. Kegiatan Awal
• Absensi
• Mengecek kesiapan siswa
B. Kegiatan Inti
• Guru menjelaskan isi artikel dan cara menentukan pokok isi artikel.
• Siswa mendata pokok-pokok isi artikel
• Siswa menyampaikan secara lisan isi artikel dengan memperhatikan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
• Siswa mengemukakan hal-hal menarik dalam artikel.
C. Kegiatan akhir
• Guru menyampaikan materi yang dibahas.
• Pemberian tugas
Penilaian
• Jenis Tagihan : Praktek, Tugas Individu, Tugas kelompok
• Bentuk Instrumen : Uraian bebas

Soal Instrumen
1. Apa yang dimaksud dengan artikel !
2. Sebutkan hal- hal yang menarik dalam artikel !
3. Catatlah pokok –pokok isi berita !

Jawab:
1. Artikel adalah sebuah karya tulis lengkap yang biasanya dimuat dalam surat kabar, majalah dan sebagainya.
2. Sejumlah penebang liar tengah menebang pohon secara besar-besaran di hutan lindung gunung karena perusakan itu sangat memprihatinkan karena kawasan itu merupakan daerah tangkapan air dan terjadinya penerbangan yang semena-mena sekitar 2500 pohon sudah ditebang, pembangunan disektor kehutanan memang perlu perhatian dan manajemen yang tepat.
3. Selama ini pembangunan di bidang kehutanan memang terkesan manja
• Sektor hutan tak berjalan secara natural
• Demi menyelamatkan aset kehutanan diperlukan kiat yang jitu
• Beberapa bantuan dari pemerintah dihentikan.

No Kunci Jawaban Skor
1

2






3 Artikel adalah sebuah karya tulis lengkap yang biasanya dimuat dalam surat kabar, majallah.
Sejumlah penebang liar tengah menebang pohon secara besar-besaran di hutan lindung gunung karuv perusakan itu sangat memprihatinkan karena kawasan itu merupakan daerah tangkapan air dan terjadinya penerbangan yang semena-mena sekitar 2500 pohon sudah ditebang pembangunan disektor.
Selama ini pembangunan di bidang kehutanan memang terkesan manja
● Sektor hutan tak berjalan secara natural
● Demi menyelamatkan aset diperlukan kiat yang jitu. 20



40



40
Jumlah 100


No NAMA SISWA NILAI TUGAS
1 Andi Sulpiana 85 80 80 80
2 Apriani Rukiah 80 75 80
3 Andi Suci Pratiwi 80 75 80 80
4 Ikang Susmita 80 80 80
5 Nurfadhila Amin 80 75 80 80
6 Nurmuslich Syafar A 75 75 80 80
7 Nur Rahma 75
8 Amirah Muthia’ah 80 80 75 80
9 Anugrah 80 75 75
10 Firmandani Tirmanidhana 80 75 75 75
11 Nur Syamsi 80 70 75 75
12 Afif Askar Amir 75 80
13 Muliana N 75 70 80
14 A.Asmaul Husnah 80 80 75 80
15 Nur Faizah A 80 80 75
15 Muh.Erwin Syah 80 75 80 70
16 Muh.Furzanur Haq 80 70
17 Rafiud Dajat 80 75 70
18 Fausan Firdaus 75 75 70
19 Fajrin Nuh Sholihin 80 75 75 70
20 Endirman Madi 75 70 75
21 Rahmadani Indah Abadi 80 75 80 70
22 Muh. Jidja Ilyas 80 70 75
23 Muh. Abdillah 80 75 75
24 A.Besse Yanti Apeda 80 75 80 75
25 Muh. Arfan 80 75 75 80
26 Trion Usman 80 70 75
27 Muh.Nur Ikhsan 80 75 70 70
28 Alif Munandar 80 75 70
29 Fajar Santoso
30
31


























DENA SEKOLAH






















DENA SEKOLAH























LAPORAN

PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
MAHASISWA UNISMUH MAKASSAR

















Oleh :

Nama : FARIDA
Nim : 105333425 06
Jurusan : Pendidikan Bahasa Indonesia dan Sastra Indonesia
Fakultas : Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Sekolah : SMA Muhammadiyah 1 Unismuh





UNIT PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH
MAKASSAR
2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengunjung kiranya memberikan saran yg dapat membantu kami dalam penyempurnaan isi dari blog.